Sukses

Cuaca Buruk, Pelabuhan Potere Lumpuh

Cuaca buruk yang melanda Kota Makassar, Sulsel beberapa pekan terakhir membuat akitivitas di pelabuhan rakyat Potere, Makassar, lumpuh. Pelayaran antarpulau pun urung dilakukan karena tingginya ombak di Selat Makassar.

Liputan6.com, Makassar: Cuaca buruk yang melanda Kota Makassar, Sulawesi Selatan, beberapa pekan terakhir membuat akitivitas pelabuhan rakyat Potere lumpuh total. Pelayaran antarpulau pun urung dilakukan karena tingginya ombak di Selat Makassar.

Dari pantauan SCTV di Makassar, Sulsel, Sabtu (19/12), tak ada kegiatan berarti yang terlihat di pelabuhan tradisional di Makassar tersebut. Ratusan kapal motor yang biasanya hilir mudik mengantar penumpang dan mendistribusi barang antarpulau, kini hanya terparkir di dermaga pelabuhan.

Hal tersebut sudah terjadi sejak satu pekan belakangan. Nakhoda kapal menolak berlayar karena tingginya ombak di Selat Makassar akibat cuaca buruk. Mereka takut pelayaran tersebut mengancam nyawa nakhoda dan anak buah kapalnya.

Padahal, dermaga Pelabuhan Potere adalah kawasan persinggahan kapal tradisional dari berbagai pulau di Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Kalimantan Selatan. Tak hanya itu, lumpuhnya pelabuhan tersebut membuat distribusi barang antarpulau juga terganggu.

Di Rembang, Jawa Timur, ratusan nelayan dipusingkan oleh tidak menentunya cuaca. Setelah dilanda gelombang tinggi, kini para nelayan tidak bisa melaut karena air laut surut. Kondisi ini membuat kapal nelayan terpaksa dibiarkan di pelabuhan Karang Asem. Nelayan mengaku bingung dengan kondisi cuaca saat ini yang serba tidak menentu.(BJK/ANS)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.