Sukses

Batik Cantik dari Limbah

Seni batik memang tak ada habisnya. Di Pekalongan, Jawa Tengah, seorang perajin menyulap limbah kertas menjadi beragam batik bernilai jual tinggi.

Liputan6.com, Pekalongan: Seni batik memang tak ada habisnya. Di kota batik Pekalongan, Jawa Tengah, Harris menyulap limbah kertas menjadi beragam batik bernilai jual tinggi.

Kreativitas Harris berawal dari limbah olivium foil di tempat pembuangan akhir sampah di kota- kota besar. Lalu, ia menorehkan lukisan di atasnya, dengan warna-warna yang serba natural.

Upaya itu tidak mudah. Karena, menurut Harris, kertas merupakan bahan yang mudah hancur bila terkena air. Namun dengan pewarna alami olahannya, kertas batik buatan Harris tak hancur meski direbus dan dicelupkan ke air.

Pada akhirnya, limbah-limbah bermotifkan batik itu pun menjelma menjadi kardus pembungkus pakaian atau sandal, alas suguhan di meja, dan juga tas. "Sambutan pasar cukup positif. Terlebih lagi dari mancanegara," kata Harris.

Sang pembatik berharap, karya-karyanya juga diterima di dalam negeri. Sehingga, upayanya mendaur ulang sampah atau limbah akan menghasilkan kreasi-kreasi yang makin menawan.(SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini