Sukses

Festival Tabot Ramaikan Tahun Baru Islam

Tahun Baru Islam 1 Muharam 1431 Hijriah diramaikan dengan beragam kegiatan unik seperti Festival Tabot di Bengkulu, membuang pakaian di Batang, Jateng, dan ziarah ke taman makam pahlawan di Palembang, Sumsel.

Liputan6.com, Batang: Tahun Baru Islam 1 Muharam 1431 Hijriah diramaikan dengan beragam kegiatan unik di beberapa daerah di Tanah Air. Di Bengkulu, masyarakat menggelar Festival Tabot untuk mengenang kepahlawanan dan kematian Husein bin Ali Abu Thalib, cucu Nabi Muhammad SAW.

Kemeriahan festival tersebut diawali dengan ritual ambil tanah yang mencerminkan gugurnya pengikut nabi saat membela dan menegakkan Islam di Karbala, Irak pada bulan Muharram 61 Hijriah. Meski berlangsung hingga malam, warga tetap mengikuti perayaan hingga usai.

Sementara di Batang, Jawa Tengah, warga setempat memadati sungai Luk Boyo untuk menjalankan tradisi unik membuang pakaian yang dipakai. Dengan membuang pakaian, mereka meyakini keburukan hidup yang dialami akan hilang dan berganti menjadi keberkahan dan keberuntungan.

Berbeda dengan Batang, ratusan santri dan santriwati di Pondok Pesantren Nurul Qomar di Palembang, Sumatra Selatan, beramai-ramai mengunjungi taman makam pahlawan. Selain tabur bunga, mereka menggelar aksi teatrikal dan meminta maaf kepada para pahlawan atas gejala penyimpangan yang dilakukan segenap elemen bangsa. Pimpinan ponpes mengimbau agar seluruh masyarakat melakukan tobat massal atau tobat nasional.(WIL/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini