Sukses

Temuan Struktur Candi UII Akan Digali

Lokasi temuan struktur candi di kawasan kampus terpadu UII Yogayakarta besok (15/12) akan digali guna memastikan potensi candi untuk dipugar. Diperkirakan ini merupakan candi Hindu Budha abad 9 masehi.

Liputan6.com, Sleman: Lokasi temuan struktur candi baru di kampus terpadu Universitas Islam Indonesia (UII) di Yogyakarta, mulai besok (15/12) akan digali menggunakan eksavator. Penggalian sedalam 2 meter akan dilakukan di sejumlah lokasi untuk memastikan potensi candi untuk dipugar.

Dalam release yang dikirim ke redaksi Liputan6.com, Senin (14/12) tim peneliti dari Balai Arkeologi Yogyakarta telah mendatangi lokasi candi di Kampus UII yang ditemukan Jum'at (11/12) kemarin.[baca: Candi Mataram Kuno Ditemukan] Di lokasi yang terletak di selatan Masjid Ulil Albab UII tersebut, tim Balai Arkeologi Yogyakarta melakukan penelitian di lokasi yang sebelumnya telah diteliti oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Yogyakarta.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa bangunan yang digali memiliki siku pada salah satu sudutnya. Rita Istari, salah seorang anggota tim peneliti mengatakan bahwa dari struktur bangunan sangat mungkin bagian yang ditemukan adalah bagian dari kompleks candi yang lebih besar, apalagi jika benar bangunan yang sudah kelihatan baru berupa candi pendamping dan bukan candi utama.

BP3 dan pihak UII sepakat mulai besok pagi (15/12), akan melakukan penggalian sedalam 2 meter di sejumlah lokasi untuk memastikan potensi candi untuk dipugar.

"Jika dilihat dari struktur bangunan, memang tampak sangat potensial untuk pemugaran," ujar Indung Panca Putra dari BP3 Yogyakarta. Namun keputusan dilakukannya pemugaran sangat ditentukan hasil penelitian lanjutan yang nanti dilakukan. (MLA)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini