Sukses

Kapan Para Calo Kapok ?

Ratusan warga Depok, Jabar, setiap harinya mengurus surat kendaraan di Samsat setempat. Ternyata kegiatan ini masih menjadi lahan basah bagi para calo.

Liputan6.com, Depok: Di mana masyarakat Depok, Jawa Barat, mengurus surat-surat kendaraan? Di kantor Samsat setempat. Ratusan warga setiap harinya mendatangai kantor Samsat. Biasanya mereka mengurus surat dengan resmi, secara individu. Namun ada juga tawaran ekspres dari para calo yang berkeliaran.

Tak murah jika ingin dilayani oleh calo. Mereka biasanya menetapkan pungutan berlebih terhadap jasa yang ditawarkan. Calo biasanya berasal dari petugas Samsat, pekerja parkir, atau para penjual jasa. Agak dilema, karena keberadaan calo sebenarnya dikeluhkan masyarakat sekaligus dibutuhkan kalau sedang terpepet.

Menanggapi kondisi tersebut, Inspektur Satu Sugeng selaku Kepala Urusan STNK dari Samsat Depok langsung membatah. Pihaknya sudah menginstruksikan untuk memberantas calo di wilayah hukumnya. Kalau sampai tertangkap basah, maka akan ada sanksi. Simak selengkapnya dalam video berita berikut.(OMI/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.