Sukses

Demo Pedagang Kaki Lima, Walikota Nyaris Diserbu

Walikota Padang Fauzi Bahar diminta mundur oleh para pedagang kaki lima karena membangun pasar darurat yang menggusur lokasi mereka berdagang.

Liputan6.com, Padang: Unjuk rasa pendagang kaki lima di Padang, Sumatra Barat, Senin (7/12) nyaris ricuh. Walikota Padang Fauzi Bahar bahkan nyaris menjadi bulan-bulanan massa yang emosional.

Unjuk rasa ini berkaitan dengan pembangunan pasar darurat di sepanjang Jalan Sandang Pangan untuk menggantikan pasar inpres yang runtuh akibat gempa. Akibat kebijakan itu, pedagang kaki lima mengaku tergusur dari tempatnya semula berdagang.

Niat Walikota Padang menemui para pedagang yang berdemo di depan gedung DPRD Sumbar malah langsung diserbu pendemo. Massa yang sudah emosi berusaha menerobos barikade polisi, namun berkat pengamanan ketat polisi, Fauzi berhasil dievakuasi ke dalam kendaraan dinasnya.

Seorang ibu-ibu pedagang pun histeris meneriaki sang walikota untuk mundur. Saking histerisnya sang ibu pun pingsan. Sebelumnya, pendemo bahkan sempat menyandera Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi usai melantik Gubernur Sumbar di gedung dewan tersebut.Simak selengkapnya dalam video.(TES/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.