Sukses

Warga Minahasa Tanam 10 Ribu Bibit Tanaman

Guna mencegah pemanasan global dan kerusakan lingkungan, warga Minahasa, Sulut mananam 10 ribu bibit tanaman. Selain dapat menjaga ekosistem hutan, tindakan itu bisa mengdatangkan keuntungan secara ekonomi.

Liputan6.com, Minahasa: Warga Minahasa, Sulawesi Utara, menunjukkan kepedulian dengan lingkungan. Lihat, mereka menanam 10 ribu bibit tanaman buah dan kayu di lahan kritis. Tindakan ini dilakukan guna mencegah percepatan pemanasan global dan kerusakan alam.

Data kehutanan setempat menyebutkan, 73 persen hutan di Kabupaten Minahasa Utara rusak akibat penebangan kayu secara ilegal. Untuk itu lahan  seluas 15 hektare yang terletak di kaki Gunung Klabat menjadi sasaran penanaman pohon.

Warga berharap ekosistem hutan bisa dipertahankan, dan emisi karbon bisa diserap sebanyak mungkin. Secara ekonomis, warga juga bisa memperoleh keuntungan dari pohon yang mereka tanam.

Perlindungan terhadap hutan juga dilakukan warga Seram Barat, Maluku. Mereka membentuk petugas adat (kewang) untuk mengontrol pengawasan hutan. Ini menjadi hal yang miris karena jumlah polisi di kawasan itu sangat minim. Sementara pembalakan liar makin merajalela.(OMI/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini