Sukses

Tak Dapat Bantuan, Warga Mengamuk di Kantor Desa

Ratusan warga Kampung Pasir Seureuh, Kecamatan Cibiuk, Garut, Jabar, mengamuk di kantor desa setempat. Warga mempertanyakan bantuan PNPM Mandiri yang tak kunjung mereka dapat.

Liputan6.com, Garut: Ratusan warga Kampung Pasir Seureuh, Senin (30/11) siang, beramai-ramai mendatangi Kantor Desa Cibiuk Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Kedatangan warga untuk mempertanyakan bantuan Program Nasioanl Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri yang tak kunjung didapat.

Mereka sempat terlibat adu mulut dengan petugas tim verifikasi PNPM Mandiri. Warga menduga tim verifikasi tidak transparan sehingga mereka tak mendapat pinjaman uang sebesar Rp 500 ribu dari program itu. Padahal sebelumnya warga sudah melengkapi persyaratan yang diminta petugas.

Untuk melampiasakan kekesalannya, para pengunjuk rasa memukul-mukul meja di dalam kantor desa sehingga susana menjadi bising. Kekesalan warga kian memuncak setelah negosiasi yang sempat dilakukan sejumlah perwakilan mereka dengan tim verifikasi tidak membuahkan hasil. Baku hantam pun nyaris terjadi antara warga dan petugas tim verifikasi.

Sementara pihak desa beralasan adanya keterlambatan persyaratan yang diajukan warga mengakibatkan persyaratannya tidak lolos verifikasi. Alasan ini kontan kembali menyulut emosi para ibu-ibu. Mereka menolak alasan tersebut. Merasa tak ada titik temu, warga yang masih emosi meninggalkan kantor desa dan merebut proposal PNPM Mandiri sambil merobeknya.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini