Sukses

Empat Bulan Beroperasi, Priangan Ekspres Dihentikan

KA Priangan Ekspres rute Tasikmalaya-Bandung-Jakarta berhenti beroperasi karena merugi. Warga menganggap PT KAI kurang mempromosikan rute tersebut.

Liputan6.com, Tasikmalaya: Kereta api Priangan Ekspres rute Tasikmalaya-Bandung-Jakarta berhenti beroperasi mulai Selasa (1/12) besok. Menurut PT Kerata Api Indonesia KAI), rute tersebut merugi.

Keputusan itu disayangkan warga Tasikmalaya, Jawa Barat, karena rute itu baru beroperasi sejak awal Agustus silam. Warga menganggap, PT KAI kurang mempromosikan rute tersebut sehingga banyak masyarakat yang belum tahu.

"Sayang kalau (penghentian) itu sampai terjadi," ujar Lina di Tasikmalaya, Senin (30/11). Lina adalah salah warga Bandung, Jabar, yang kerap menggunakan KA Priangan Ekspres.

Priangan Ekspres menarik tiga gerbong kelas bisnis dan satu gerbong eksekutif. Dari Tasikmalaya, KA itu berangkat pada pagi hari. Sementara dari arah sebaliknya pada sore hari. Namun, setelah empat bulan berjalan target penumpang tidak terpenuhi. Bahkan selalu berada di bawah batas minimal jumlah penumpang.

Dari data Stasiun Tasikmalaya, rata-rata jumlah penumpang yang naik hanya 50 orang atau hanya 26 persen dari kapasitas kereta.(ZAQ/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.