Sukses

Longsor Isolasi Dua Desa

Hujan yang mengguyur Kabupaten Tulungagung mengakibatkan longsor di berbagai titik. Bahkan sebuah tebing longsor memutus jalan di dua kecamatan. Akibatnya, dua desa terisolasi dan aktivitas perekonomian warga lumpuh.

Liputan6.com, Tulungagung: Hujan deras selama dua hari mengakibatkan tebing setinggi 10 meter di Desa Penjor, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, longsor. Sejak kemarin, runtuhan tanah yang tebalnya mencapai empat meter menutup jalan sepanjang 15 meter. Hingga saat ini, jalan penghubung antara Kecamatan Pagerwojo dan Sendang terputus dan mengisolasi Desa Penjor dan Gambiran.

Upaya pembersihan material tanah yang menimbun jalan dilakukan masyarakat dibantu polisi dan Dinas Bina Marga. Satu ekskavator diturunkan untuk memudahkan pengerukan tanah. Jalan ini harus segera dibenahi karena merupakan jalur satu-satunya bagi masyarakat Pagerwojo dan Sendang untuk mengirim hasil bumi dan susu menuju Kota Tulungagung. "Kita usahakan hari ini jalan bisa dilalui lagi," ucap Kepala Bagian Operasional Kepolisian Resor Tulungagung, Komisaris Polisi Susetyo Budi.

Selain di Desa Penjor, hujan deras yang mengguyur Tulungagung juga menyebabkan longsor di berbagai titik di Kecamatan Sendang. Hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi diprediksi masih akan mengguyur Kabupaten Tulungagung sehingga masyarakat diharapkan tetap waspada dengan tanah longsor.(YNI/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.