Sukses

Jemaah Naqsabandiyah Jombang Salat Id Sabtu Ini

Pelaksanaan salat ini berbeda dengan ketentuan pemerintah yang menetapkan salat Iduladha dilakukan Jumat kemarin.

Liputan6.com, Jombang: Ratusan anggota jemaah tarikat Naqsabandiyah Kholidiyah di Jombang, Jawa Timur, baru menggelar salat Iduldha pada Sabtu (28/11) pagi. Salat Id baru dilakukan karena hasil rukyat mereka gagal sehingga jumlah bulan digenapkan.

Jemaah memadati halaman Masjid Baitul Muttaqin di Dusun Kapas, Desa Dukuhklopo, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang. Pengikut tarikat ini baru menunaikan salat setelah matahari terbit sekitar dua meter dari arah ufuk timur.

Menurut pengurus tarikat Naqsabandiyah Kholidiyah, Kiai Haji Mustakim, salat Iduladha baru digelar Sabtu pagi karena bulan tidak tampak dan tertutup mendung. Jemaah tarikat ini melakukan rukyat pada 25 November atau 8 Dzulqodah (Zulkaidah) dalam kalender Hijriah. Saat rukyat kedua di 27 November atau 10 Dzulqodah, bulan tepat di atas kepala saat waktu magrib.

Meski berbeda dengan mayoritas umat Islam yang salat Iduladha pada Jumat kemarin, pengikut tarikat Naqsabandiyah Kholidiyah menganggap sebagai kewajaran dan tidak perlu dipertentangkan.(TES/ANS)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini