Sukses

Dinas Peternakan Bali Sidak Hewan Kurban

Menjelang pelaksanaan Hari Raya Idul Adha, petugas Dinas Peternakan Denpasar, Bali, melakukan sidak kesehatan ke sejumlah tempat penjual kambing kurban. Hal ini dilakukan untuk menghindari penyakit kuku dan mulut yang dapat ditularkan lewat hewan kurban.

Liputan6.com, Denpasar: Menjelang pelaksanaan Hari Raya Idul Adha, petugas Dinas Peternakan Denpasar, Bali, menggelar inspeksi mendadak kesehatan ke sejumlah tempat penjual kambing kurban. Penjual hewan kurban di kawasan Kampung Jawa, Jalan Ahmad Yani, pun terkena operasi ini. Sejak beberapa hari diberlakukannya sidak pemeriksaan kesehatan hewan kurban, hingga Selasa (24/11), petugas belum menemukan adanya kambing cacat atau yang tertular penyakit berbahaya. Demikian diungkapkan Kepala Bidang Kesehatan Hewan Anak Agung Astriwati di Denpasar.

Satu per satu secara acak petugas memeriksa kesehatan kambing mulai dari mulut, mata, hingga ke kuping. Fisik badan hewan kurban juga diperiksa dari kecacatan dan penyakit menular.

Pemeriksaan kesehatan rencananya akan terus dilakukan sampai H-1 menjelang perayaan Idul Adha. Mengingat biasanya, pada hari itu penjualan hewan kurban akan semakin meningkat.(ASW)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.