Sukses

Jurnalis Kecam Pemeriksaan Media

Wartawan dan masyarakat di berbagai daerah berunjuk rasa mengecam tindakan polisi yang memanggil pimpinan Harian Kompas dan Seputar Indonesia.

Liputan6.com, Denpasar: Sejumlah jurnalis serta masyarakat berunjuk rasa di Denpasar, Bali, Sabtu (21/11), untuk mengecam tindakan polisi yang memanggil pimpinan Harian Kompas dan Koran Seputar Indonesia. Demonstran menilai Polri lebih sibuk mengurusi media bukannya menetapkan Anggodo Widjojo sebagai tersangka.

Di Makassar, Sulawesi Selatan, jurnalis dan masyarakat juga menyesalkan sikap polisi. Dari poster yang mereka bawa, massa mengkhawatirkan kehidupan pers akan kembali ke zaman Orde Baru--di mana pemerintah membungkam kebebasan pers, meskipun polisi menjamin pemanggilan bukan untuk mengerdilkan fungsi pers.

Demonstrasi mengecam polisi juga berlangsung di Purwakarta, Jawa Barat. Sama seperti rekan-rekan mereka di daerah lainnya, jurnalis di Purwakarta menilai polisi arogan. Mereka menilai keberadaan pers dijamin dalam undang-undang. Selengkapnya simak di video.(JUM/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.