Sukses

Demo Dukung Polisi dan Kejagung

Di tengah maraknya dukungan untuk KPK, sekelompok orang di Medan mendukung Polri dan Kejagung. Mereka menolak intervensi terhadap penyidikan Bibit dan Chandra.

Liputan6.com, Medan: Di tengah maraknya dukungan untuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), sekelompok orang yang menamakan dirinya Forum Masyarakat Sadar Hukum Sumatra Utara justru mendukung Polri dan Kejaksaan Agung. Dalam unjuk rasa yang berlangsung di Medan, Sumut, Senin (9/11), mereka menolak intervensi dalam proses penyidikan terhadap dua pimpinan nonaktif KPK Bibit Samad Riynto dan Chandra M. Hamzah. Sebab, intervensi justru akan memandulkan sistem hukum di Indonesia dan membuat masyarakat bingung.

Para demonstran juga menyesalkan perang opini yang terjadi di media karena tidak mendidik. Karenanya mereka menyerukan masyarakat senantiasa menjunjung tinggi supremasi hukum.

Sementara di Jakarta, hari ini sedikitnya tiga kelompok massa datang ke Gedung KPK dan meminta komisi tersebut terus memainkan peran sentral dalam pemberantasan korupsi. Salah satunya Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND).

Mereka menyerukan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) agar segera menuntaskan audit skandal Bank Century. Jika BPK tidak mampu, KPK harus mengambil alih kasus tersebut. LMND juga meminta Polri segera melakukan proses hukum terhadap Anggodo Widjojo, Susno Duadji, dan Abdul Hakim Ritonga yang diduga telah menjadi aktor dalam upaya kriminalisasi KPK.

Dukungan serupa diberikan kelompok yang menamakan diri Petisi Forum 28 dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) seluruh Indonesia. Mereka mendesak KPK mengambil langkah konkrit untuk membongkar skandal Bank Century, serta mengajak masyarakat bersama-sama memerangi kejahatan korupsi yang telah merusak kehidupan bangsa. Selengkapnya simak video berikut.(TES/ANS)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini