Sukses

Berbagai Aksi Mendukung Bibit dan Chandra

Dukungan terhadap dua pimpinan KPK nonaktif Bibit dan Chandra bergaung di sejumlah daerah. Dukungan diwujudkan, antara lain dengan unjuk rasa dan pengumpulan tanda tangan.

Liputan6.com, Bandung: Dukungan terhadap dua pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) nonaktif Bibit Samad Rianto dan Chandra M. Hamzah bergaung di sejumlah daerah. Di Bandung, Jawa Barat, sejumlah mahasiswa menuntut Presiden Susilo Bambang Yudoyhono menyelamatkan KPK dengan membebaskan Bibit dan Chandra. Presiden juga diminta segera membongkar kasus Century yang memicu konflik KPK dan Polri.

Protes penahanan Bibit dan Chandra itu juga disuarakan mahasiswa di Magelang, Jawa Tengah. Sambil berjalan mundur, mahasiswa membagikan pita hitam kepada warga. Mahasiswa menyerukan perlawanan kepada pihak-pihak yang mencoba mengebiri dan melemahkan KPK.

Di Medan, Sumatra Utara, mahasiswa mengumpulkan tanda tangan anggota DPRD dan warga setempat. Dengan tanda tangan itu, mahasiswa mendesak Presiden Yudhoyono agar segera bertindak tegas sehingga kemelut dalam pemberantasan korupsi di Tanah Air dapat dituntaskan.

Bibit dan Chandra ditahan polisi sejak kamis lalu karena dituding terlibat pemerasan terhadap buronan koruptor Anggoro Widjojo. Penahanan dilakukan berdasarkan bukti rekaman percakapan melalui telepon. Sebaliknya, KPK mensinyalir adanya upaya kriminalisasi terhadap Bibit dan Chandra. Kini Bibit dan Chandra ditahan di Markas Komando Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.(JUM/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.