Sukses

Gempa 5,6 SR Guncang Tolitoli, Warga Panik

Warga Kabupaten Tolitoli, Sulteng, berhamburan ke luar rumah saat gempa mengguncang daerah mereka tadi pagi. Anak-anak sekolah panik dan menangis karena trauma dengan peristiwa gempa yang terjadi di berbagai daerah.

Liputan6.com, Palu: Gempa bumi mengguncang Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah, Sabtu (31/10) sekitar pukul 08.14 WITA. Meski hanya berlangsung sekitar lima detik, gempa membuat masyarakat panik. Warga berhamburan keluar dari rumah dan bangunan lainnya. Anak-anak sekolah panik dan menangis. Mereka trauma dengan peristiwa gempa yang terjadi di berbagai daerah.

Berdasarkan pantauan ANTARA, sejumlah sekolah, seperti Sekolah Dasar 20, SD Pembina di Kelurahan Baru, dan SDN 10 Tolitoli memulangkan siswanya karena khawatir. Orangtua siswa datang menjemput anaknya. Savira, siswa kelas IV SDN 10 Tolitoli mengatakan, rekan-rekan mereka berhamburan keluar karena takut sekolah mereka rubuh.

Seorang pegawai Badan Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Kesbanglinmas) Tolitoli, Moh. Arif membenarkan gempa membuat warga panik. "Gempanya tidak lama, tapi warga kaget dengan berhamburan keluar rumah," kata Arif.

Berdasarkan informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, gempa berkekuatan 5,6 skala Richter ini berlokasi di 1,28 Lintang Utara-120,75 Bujur Timur. Gempa berkedalaman 10 kilometer ini berpusat di 26 kilometer barat laut Tolitoli.(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.