Sukses

MURI Beri Penghargaan Gubernur Termuda

MURI memberi penghargaan "Gubernur Paling Muda" kepada M. Zainul Majdi. Zainul dilantik sebagai Gubernur NTB pada 17 September 2008 dalam usia 36 tahun tiga bulan 17 hari.

Liputan6.com, Mataram: Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) memberi penghargaan "Gubernur Paling Muda" kepada Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) M. Zainul Majdi. "Penghargaan untuk gubernur paling muda ini tercatat sebagai penghargaan yang ke-3.947," ujar Manajer MURI Paulus Pangka kepada wartawan di Mataram, Rabu (28/10), usai upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di Lapangan Bumi Gora Kantor Gubernur NTB.

Paulus mengatakan, Zainul Majdi berhak mendapat penghargaan gubernur paling muda lantaran saat dilantik sebagai Gubernur NTB pada 17 September 2008, ia berusia 36 tahun tiga bulan 17 hari. "Sebelumnya MURI sudah memberikan gelar serupa kepada Agusrin M. Najamudin yang menjabat Gubernur Bengkulu periode 2005-2010 pada usia 36 tahun lima bulan," ujarnya seperti dilansir ANTARA.

Menurut Paulus, MURI mencatat rekor jika mengandung unsur paling, unik, dan langka, serta atas persetujuan yang bersangkutan. Karena itu, penghargaan yang diberikan MURI kepada Gubernur NTB dengan kategori "paling" itu terjadi setelah yang bersangkutan merestui dicatat sebagai rekor MURI.

"Itu sebabnya penghargaan gubernur paling muda ini baru diberikan setahun setelah pelantikan gubernur Dan hari pemberian yang bertepatan dengan peringatan Sumpah Pemuda ini juga merupakan keinginan penerima penghargaan," ujar Paulus.

Zainul Majdi atau yang dikenal sebagai Tuan Guru Bajang juga merupakan Pemimpin Pengurus Besar Nahdlatul Wathan. Ia lahir

pada 31 Mei 1972 di Pancor, Lombok Timur, NTB. Ia terpilih sebagai Gubernur NTB periode 2008-2013 berpasangan dengan Badrul Munir, seorang birokrat. Pasangan tersebut mengalahkan pasangan Lalu Serinata dan dan Husni Djibril.(SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini