Sukses

Ganti Rugi Belum Dibayar, Jalan Diblokade

Jalan menuju tambang PT Gemilang Limpah Internusa di Pacitan, Jatim, diblokade warga. Aksi warga ini terkait tidak adanya ganti rugi tanah yang dijadikan tambang oleh perusahaan.

Liputan6.com, Pacitan: Puluhan warga Desa Kluwih, Kecamatan Tulakan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur mendatangi tambang tembaga milik PT Gemilang Limpah Internusa, Rabu (28/10). Warga juga sempat mengusir sejumlah truk pengangkut hasil tambang keluar lokasi.

Aksi warga ini dipicu soal ganti rugi tanah milik warga yang digunakan perusahaan untuk penambangan. Hingga sekarang ganti rugi tersebut belum juga dibayar. Padahal, perusahaan sudah melakukan kegiatan ini sekitar dua tahun. Selain tidak ada ganti rugi, sungai dan tanah pertanian milik warga tercemar limbah.

Karena tetap tidak ditanggapi, warga kemudian memblokade jalan menuju pertambangan dengan kayu. Alhasil, jalan satu-satunya menuju dan keluar pertambangan tidak bisa dilalui. Namun tak lama kemudian warga membubarkan diri. Warga mengancam akan melakukan aksi serupa dengan jumlah yang lebih banyak jika tuntutan mereka tak dipenuhi.(IAN/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.