Sukses

Balita di Tegal Diserang Terserang Tumor Mata

Seorang balita di Tegal, Jateng, menderita gizi buruk dan buta permanen akibat terserang tumor ganas. Namun, balita malang itu dibiarkan saja di rumah karena orangtuanya miskin.

Liputan6.com, Tegal: Saiful, balita berusia 2,5 tahun, warga Desa Pedagangan, Tegal, Jawa Tengah, tergolek di tempat tidur akibat gizi buruk dan penyakit yang dideritanya. Selain kurus kering, putra pasangan Sahudin dan Jamroh itu juga buta permanen akibat tumor ganas yang menyerang matanya.

Bola mata sebelah kanan Saiful menyembul keluar dan membusuk, sehingga harus dibalut perban. Sedangkan mata sebelah kirinya juga tidak berfungsi. Menurut Sahudin, Saiful sempat dioperasi di Rumah Sakit Umum Daerah Soeselo, Slawi, Jateng, dengan fasilitas Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas). "Tapi kondisinya justru semakin buruk. Dokter lalu merujuknya ke RS Kariadi di Semarang," tambahnya lirih.

Sang ayah juga bercerita, anaknya menderita penyakit itu sejak usia 10 bulan. Awalnya, katanya, terdapat lubang kecil pada bola mata kanan Saiful. "Tapi lama-lama membesar," cerita Sahudin.

Karena tidak memiliki biaya, Sahudin hanya membiarkan anaknya di rumah. Penghasilan Sahudin dari berjualan bakso keliling hanya untuk makan sehari-hari. Padahal Sahudin dan Jamroh ingin sekali membawa anaknya berobat.(BJK/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.