Sukses

Gempa 5,2 Goyang Gorontalo

Gempa tektonik berkekuatan 5,2 pada skala Richter dan berkedalaman 30 kilometer mengguncang Gorontalo, hari ini pukul 08.52 WITA. Gempa ini tak berpotensi tsunami.

Liputan6.com, Gorontalo: Gempa tektonik berkekuatan 5,2 pada skala Richter (SR) dan berkedalaman 30 kilometer mengguncang Gorontalo pada Sabtu (17/10) pukul 08.52 WITA. Berdasarkan data yang dilansir situs resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi pada posisi 0,96 derajat Lintang Utara (LU) dan 123,42 derajat Bujur Timur (BT). Pusat gempa berada di 60 kilometer timur laut Gorontalo di kedalaman 30 kilometer. Namun, gempa ini tak berpotensi tsunami.

Walau tak berpotensi tsunami, warga Kota Gorontalo merasakan guncangan yang cukup kuat. Sebagian warga sempat berlarian ke luar rumah, tapi mereka jemudian masuk lagi ke rumah masing-masing karena gempa hanya berlangsung sekitar tiga detik. "Guncangan pertama sangat kuat dan disusul guncangan kecil. Itu bikin kami sekeluarga panik," ujar Karmila, salah seorang warga Kota Gorontalo, kepada ANTARA.

Pada 27 Agustus silam, gempa tektonik berkekuatan 5,7 SR di kedalaman 95 kilometer juga mengguncang Gorontalo. Saat itu pusat gempa diperkirakan berada sekitar 87 kilometer sebelah tenggara Gorontalo, atau di perairan Teluk Tomini [baca: Gempa 5,7 SR Getarkan Gorontalo].

November tahun silam, Gorontalo sempat diguncang gempa tektonik berkekuatan 7,7 SR. Gempa ini mengakibatkan dua orang tewas dan menghancurkan ratusan rumah warga [baca: Gorontalo Diguncang Gempa].

Gorontalo merupakan salah satu wilayah rawan gempa karena pengaruh lempeng Pasific dan Indoaustralia. Berdasarkan data BMKG, hampir setiap hari terjadi gempa di Gorontalo. Namun kebanyakan tidak dirasakan warga lantaran kekuatannya di bawah lima skala Richter.(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini