Sukses

Ratusan Rumah Suku Baduy Terbakar

Kebakaran menimpa perkampungan suku Baduy di pedalaman Kabupaten Lebak, Banten. Saat ini korban kebakaran berharap bantuan makanan dan obat-obatan.

Liputan6.com, Lebak: Ratusan rumah suku Baduy di pedalaman Kabupaten Lebak, Banten, terbakar, Jumat (16/10). Hingga sekarang api masih berkobar. "Sampai saat ini api masih belum padam karena tiupan angin masih kencang," kata Sekretaris Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Sarpin, kepada ANTARA.

Sarpin mengatakan, peristiwa yang menimpa warga Kadu Ketug, Desa Kanekes, terjadi pukul 08.30 WIB. Sumber api berasal dari tungku dapur di rumah Asrap. Saat pergi ke ladang, ia lupa memadamkan tungku.

Kebakaran tersebut tidak menimbulkan korban jiwa karena semua penghuni tengah pergi ke ladang untuk bercocok tanam. Namun diperkirakan kerugian mencapai puluhan juta rupiah.

Menurut Sarpin, padatnya perkampungan Baduy serta kencangnya tiupan angin membuat api cepat membesar. Apalagi, rumah warga Baduy mudah terbakar karena terbuat dari bilik bambu dan atap rumbia. "Kami mencatat sementara sebanyak 113 rumah hangus terbakar. Kami masih melakukan pendataan rumah-rumah warga lainnya karena api belum padam," katanya.

Sementara itu, Ketua Penanggulangan Bencana Alam, Kabupaten Lebak, Enang Hidayat, mengatakan, saat ini warga Baduy yang menjadi korban kebakaran ditampung sementara di rumah tetangga. "Saat ini kami berharap adanya bantuan makanan dan obat-obatan," ujar Enang Hidayat.(AND)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.