Sukses

Wapres Kalla Janjikan Percepatan Rehabilitasi

Wapres Kalla menjanjikan percepatan rehabilitasi rumah yang rusak dan hancur pascagempa bumi di Sumbar. Sedangkan Presiden SBY mendesak adanya kemudahan birokrasi agar bantuan segera sampai ke tangan korban.

Liputan6.com, Padang: Besarnya gempa bumi di Sumatra Barat berikut dampaknya membutuhkan penanganan komprehensif dalam waktu dekat. Hal tersebut diungkapkan Wakil Presiden Jusuf Kalla saat meninjau rumah-rumah yang rusak akibat gempa di Padang, Sumatra Barat, Sabtu, (3/10).

Dalam kunjungan itu, Wapres Kalla juga menjanjikan percepatan rehabilitasi rumah yang rusak dan hancur. Meski hal tersebut masih dalam masa tanggap darurat, setidaknya dalam dua bulan ke depan.

Kunjungan Wapres Kalla ini hanya selang sehari dengan kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke lokasi gempa di "Ranah Minang". Sebelumnya, usai dari kunjungan kerja ke Amerika Serikat, Presiden SBY langsung memimpin rapat koordinasi penanganan gempa di Bandar Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta.

Besar harapan, perhatian pemerintah berwujud kemudahan birokrasi dan koordinasi bagi pengaliran bantuan dari pusat ke daerah bisa segera sampai tangan korban gempa. Untuk jangka pendek maupun jangka panjang [baca: Presiden: Hilangkan Hambatan Birokrasi untuk Dana Bencana]. Selengkapnya, simak video berita ini.(UPI)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.