Sukses

Warga Tak Rela Lumpur Lapindo Sebagai Bencana Alam

Warga Siring Barat, Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, tak rela semburan lumpur dinyatakan sebagai bencana alam. Mereka menilai semburan ini terkait dengan pengeboran yang dilakukan PT Lapindo Brantas.

Liputan6.com, Porong: Warga Siring Barat, Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, tak rela semburan lumpur disebabkan bencana alam. Mereka menilai semburan ini terkait dengan pengeboran yang dilakukan PT Lapindo Brantas. "Saya secara pribadi tidak rela dianggap bencana alam. Ini penyebabnya sudah jelas-jelas Lapindo," ucap warga Siring Barat bernama Eddy di Porong, baru-baru ini.

Kemarin, sidang paripurna DPR sepakat memutuskan semburan lumpur Lapindo sebagai fenomena alam [baca: DPR: Semburan Lumpur Lapindo Peristiwa Alam]. Terkait keputusan itu, Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) tetap berkoordinasi dengan PT Minarak Lapindo Jaya untuk menyelesaikan tragedi yang sudah berlangsung sejak tiga tahun silam ini.

Wilayah Siring Barat berlokasi hanya sekitar satu kilometer dari pusat semburan lumpur di Porong. Meski kawasan ini dikosongkan, namun warga mengaku belum mendapat ganti rugi. Selama ini warga hanya menerima uang kontrak Rp 2,5 juta dan jatah hidup selama tiga bulan.(ZAQ/VIN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini