Sukses

Ratusan Rumah Hilang Dihantam Kayu Gelondongan

Setelah banjir melanda Mandailing Natal, ratusan rumah warga hilang dihantam air bah dan kayu gelondongan. Sisanya tak bisa ditempati karena direndam lumpur setebal 50 centimeter.

Liputan6.com, Mandailing Natal: Pemukiman warga Mandailing Natal, Sumatra Utara, yang dilanda musibah banjir tidak hanya direndam air bah, tapi juga kayu gelondongan. Seperti di Desa Hutaimbaru, salah satu dari delapan desa terparah yang dilanda banjir bandang. Dari pantauan SCTV, Sabtu (19/9), 250 unit rumah warga hilang tanpa jejak, 45 lainnya hancur dihantam air bah dan kayu gelondongan. Ribuan kubik kayu gelondongan ini diduga merupakan bekas aksi pembalakan liar.

Desa Hutaimbaru didiami lebih dari 260 kepala keluarga. Saat kejadian Senin lalu, warga sedang berbuka puasa dan tiba-tiba saja banjir besar menerobos kampung mereka. Warga berhamburan menyelamatkan diri ke tempat-tempat yang tinggi hingga ke atas pohon kayu. Kini, seluruh rumah yang tersisa pun tak bisa ditempati karena direndam lumpur setebal 50 centimeter. Saat ini ribuan warga mengungsi di tenda-tenda darurat. Mereka tinggal dengan kondisi memprihatinkan karena bantuan yang mereka terima belum memadai.(LUC)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini