Sukses

Jalur Trans Sumatra Rawan Longsor

Di jalur trans Sumatra di beberapa daerah di Sumbar banyak terdapat titik rawan longsor. Pemudik yang hendak melewati jalur tersebut diharap mewaspadai bahaya longsor terutama saat hujan.

Liputan6.com, Padang: Di jalur trans Sumatra di beberapa daerah di Sumatra Barat banyak terdapat titik rawan longsor. Pemudik yang hendak melewati jalur tersebut diharap waspada bahaya longsor terutama saat cuaca hujan.

Di kawasan Silaiang Padangpanjang, misalnya, terdapat lima titik rawan longsor. Dari pantauan SCTV Selasa (15/9), di sisi sebelah kiri jalur sepanjang lima kilometer itu, terdapat dinding bukit yang terjal. Sementara di sisi kanan, terdapat jurang sedalam 50 meter. Saat musim hujan, kawasan tersebut kerap terjadi tanah longsor. Tak jarang kejadian tersebut membuat jalan tertutup berjam-jam. Untuk itu, pengendara diminta waspada melewati jalur tersebut, terutama saat hujan lebat.

Selain itu, kemacetan panjang juga sering terjadi di jalur Silaiang. Maklum, jalur ini menghubungkan Kota Padang dengan sejumlah kota wisata di Sumatra Barat seperti Bukittinggi, Padangpanjang, dan Batusangkar.

Selain di Silaiang, sejumlah titik rawan longsor lain juga terdapat di daerah Sitinjau Laut, serta di daerah Pangkalan dan Kelok Sembilan. Jalur tersebut biasanya mulai dipadati pemudik pada H-5 hingga H+7 Lebaran.(BJK/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.