Sukses

Jelang Lebaran, Pembantu Pengganti Membludak

Gaji yang besar membuat banyak wanita berbagai usia dari daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur rela meninggalkan kampung halaman saat Lebaran. Selama setengah bulan bekerja, mereka rata-rata dapat membawa uang hingga Rp 1,5 juta.

Liputan6.com, Depok: Beberapa hari menjelang Lebaran, sejumlah yayasan penyalur pembantu rumah tangga dipenuhi oleh pembantu pengganti atau inval. Di Yayasan Bu Hadi di Jalan Raya Kartini, Depok, Jawa Barat, misalnya. Bahkan, banyak pembantu terlihat memenuhi hingga luar gedung yayasan tersebut. Semua lantai penampungan yang ada sebanyak tiga lantai pun dipenuhi para pembantu inval. Mereka menunggu disalurkan.

Mudiknya pembantu lama memang membuat para majikan kelimpungan. Apalagi, saat Lebaran, setiap keluarga pasti sibuk mempersiapkan acara silaturahmi. Tentu saja pekerjaan rumah tangga bisa terbengkalai. Sebagai jalan keluar, mereka menyewa jasa pembantu inval.

Menurut pemilik yayasan tersebut, Ibu Hadi, pihaknya setiap hari kebanjiran permintaan pembantu. Hingga kini sudah 500 pembantu dan perawat bayi yang disalurkannya. Sementara masih ada 1.000 pembantu inval yang disiapkan.

Boleh dibilang, gaji yang besar membuat ratusan wanita berbagai usia dari Jawa Tengah dan Jawa Timur itu rela meninggalkan kampung halaman saat Lebaran. Selama setengah bulan bekerja, mereka rata-rata dapat membawa uang sebanyak Rp 1 juta hingga Rp 1,5 juta. Jumlah cukup besar dibanding pada bulan biasa yang biasanya mereka hanya mengantongi Rp 400 ribu hingga Rp 500 ribu sebulan.(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.