Sukses

Polda Jabar Siapkan 3.000 Pasukan Antiteror

Polda Jabar menyiapkan 3.000 personel pasukan antiteror guna mengawasi teroris di Jawa Barat saat mudik Lebaran 2009. Pasukan tersebut gabungan dari Polda Jabar dan Mabes Polri.

Liputan6.com, Bandung: Kepolisian Daerah Jawa Barat menyiapkan 3.000 personel pasukan antiteror guna mengawasi teroris di Jawa Barat saat mudik Lebaran 2009. "Pasukan tersebut terdiri dari empat tim Detasemen antiteror. Satu Detasmen terdiri dari 750 pasukan," kata Kapolda Jabar, Irjen Pol Timur Pradopo usai apel gelar pasukan di Bandung, Sabtu (12/9) seperti dikutip ANTARA.

Menurut Kapolda, dari empat detasemen tersebut pihaknya mendapatkan bantuan satu detasemen dari Mabes Polri. "Jadi tiga dari Polda dan satu dari Mabes Polri," lanjut Kapolda.

Dia menambahkan, pasukan antiteror tersebut akan disimpan di tempat-tempat rawan masuknya teroris seperti di Terminal, Stasiun dan Bendara. Selain tempat tersebut, lanjut Kapolda, tempat perbatasan dengan provinsi lain juga akan dijaga secara ketat. Seperti di perbatasan Cirebon. "Tempat perbatasan Jabar juga menjadi antisipasi masuknya teroris saat mudik Lebaran nanti," pungkasnya.

Kapolda menuturkan, wilayah Jabar dinilai rawan teroris. Oleh sebab itu, pihaknya mengamankan jalur mudik ini dengan maksimal. Pasukan tersebut, tambah Kapolda, akan diberikan persenjataan layaknya penanganan teroris seperti biasanya. "Yang jelas akan diberikan perlengkapan senjata sebagaimana penanganan seperti biasanya," ungkapnya.(AND)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.