Sukses

Puluhan Imigran Gerap Asal Afghanistan Ditangkap

Sebanyak 57 imigran gelap asal Afghanistan ditangkap aparat TNI AL dari Pangkalan AL Mataram. Para imigran gelap ini berencana melanjutkan perjalanan ke Australia.

Liputan6.com, Mataram: Sebanyak 57 imigran gelap asal Afghanistan ditangkap aparat TNI Angkatan Laut dari Pangkalan AL Mataram, Nusa Tenggara Barat. Mereka tertangkap patroli di titik dua mil sebelah utara Pulau Patagan, Sumbawa. Demikian disampaiakan Kolonel Nanang Eko Irmardianto, Komandan Pangkalan Mataram.

Saat ditangkap, mereka menggunakan kapal nelayan yang disewa dari warga di Lombok Timur. Imigran yang semuanya laki-laki ini tidak dilengkapi surat-surat dokumen perjalanan, seperti paspor maupun visa ke negara tujuan. Rencanaya, imigran ini transit di NTB dan selanjutnya berlayar ke Australia, negara yang menjadi tujuan akhir mereka.

TNI AL juga menangkap tiga anak buah kapal dan nahkoda yang mengangkut para imigran Afghanistan tersebut. Diduga kuat kapal serta nahkoda yang digunakan adalah jaringan pengirim imigran gelap asal Afghanistan yang sering tertangkap di wilayah ini. Para imigran gelap ini akan didata dan selanjutnya serahkan ke imigrasi NTB untuk proses lebih lanjut.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.