Sukses

Polres Karawang Siapkan Jalur Khusus Sepeda Motor

Kepolisian Karawang, Jabar, mewajibkan para pemudik bersepeda motor memanfaatkan jalur baru dengan menyusuri jalan kabupaten ke sebelah utara Karawang. Jalur tersebut akan diberlakukan mulai H-10.

Liputan6.com, Karawang: Menjelang arus mudik Lebaran, Kepolisian Resor Karawang mewajibkan para pemudik yang menggunakan sepeda motor memanfaatkan jalur baru dengan menyusuri jalan kabupaten ke sebelah utara Karawang, Jawa Barat. Jalur tersebut akan diberlakukan mulai H-10 dan akan melintasi tujuh kecamatan. Mulai dari perempatan Johar hingga ke Cikalong Jatisari kemudian menembus menuju jalur pantai utara Pulau Jawa (pantura).

Jalur khusus sepeda motor ini baru pertama kalinya diterapkan di Karawang. Hal ini bertujuan mengurangi kemacetan di pertigaan Jomin, Kecamatan Kota Baru, serta mengurangi angka kecelakaan terhadap roda dua.

Kepala Polres Karawang Ajun Komisaris Besar Polisi Rudy Antariksawan menjelaskan, jika penumpukan kendaraan di simpang tiga Jomin dapat ditekan, para pemudik akan dapat langsung menembus ke jalur pantura, Subang. Penggunaan jalur khusus sepeda motor memiliki selisih jarak sejauh 12 kilometer dibanding jalur mudik utama yang disatukan dengan kendaraan roda empat seperti tahun sebelumnya.

Lebih lanjut dijelaskan, para pemudik sepeda motor yang melintas dari Kota Karawang, sedianya diwajibkan mengikuti jalur kiri dari perempatan Johar memasuki Jalan Syekh Quro. Para pemudik juga akan melintasi sejumlah pasar tradisional, di antaranya Pasar Telagasari, Pasar Lemahabang, Cikalong, Pasar Gempol, dan Pasar Cikalongsari Jatisari yang langsung tembus ke jalur pantura.

Kendati demikian, para pemudik tetap harus berhati-hati melintasi jalur khusus sepeda motor. Selain karena sempitnya medan jalan yang ada, juga karena minimnya rambu-rambu lalu lintas dan penunjuk arah yang diperkirakan akan menyita konsentrasi para pemudik.(UPI/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.