Sukses

Kabut Asap di Palembang Makin Parah

Kabut asap yang melanda Kota Palembang dari hari ke hari semakin parah sehingga mengancam kesehatan warga dan membahayakan perjalanan arus mudik.

Liputan6.com, Palembang: Ketebalan kabut asap di Palembang, Sumatra Selatan semakin memprihatinkan. Kondisi ini dari hari ke hari semakin parah sehingga mengancam kesehatan warga dan membahayakan perjalanan arus mudik jalur darat, udara, maupun pengguna angkutan perairan.

Seperti yang terlihat selama seminggu terakhir di Palembang. Kabut sangat tebal sehingga jarak pandang diperkirakan hanya 10 sampai 20 meter. Tak heran pengguna jalan sering menggunakan lampu penerang meski di siang hari. Tak hanya pengguna lalu lintas darat, jarak pandang terbatas juga mengganggu pelayaran kapal sungai maupun laut.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Palembang Kemas Abubakar mengatakan, hasil penelitian menunjukkan kandungan partikel debu dalam kabut ini sangat tinggi. Kabut diduga berasal dari pembakaran sawah.

Karena semakin parah, warga diimbau untuk mengurangi keluar rumah. Namun bila terpaksa keluar, sebaiknya menggunakan masker penutup. Warga diimbau juga meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak terserang penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Sedangkan pemudik yang menggunakan motor diimbau menggunakan kacamata dan masker yang baik dan rapat bila melalui kota Palembang terutama pagi dan sore, karena saat itu kabut asap sangat tebal.(TES/AND)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini