Sukses

Tol Kanci-Pejagan Belum Siap Hadapi Arus Mudik

Arus mudik Lebaran sebentar lagi terjadi, namun jalan tol Kanci-Pejagan belum laik dilewati. Kondisi jalan bebas hambatan tersebut belum sepenuhnya rampung dan masih minim rambu serta penerangan jalan.

Liputan6.com, Brebes: Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah Inspektur Jenderal Polisi Bambang Alek Bambang Riatmojo meragukan kelaikan jalan tol Kanci-Pejagan dilalui arus mudik mulai H-10. Alasannya, kondisi jalan yang belum sepenuhnya selesai dan masih minimnya rambu-rambu serta penerangan jalan bisa membahayakan pengguna. Hal itu disampaikan Kapolda Jateng kepada sejumlah wartawan di Brebes, Selasa (8/9), usai meninjau langsung pembangunan jalan tol tersebut.

Mengingat waktu mudik yang sudah mepet, menurut Kapolda, pihaknya akan berkoodinasi dengan pengelola jalan tol penghubung Jawa Barat dan Jawa Tengah itu. Sebab, bila dipaksakan akan menimbulkan kerawanan seperti kecelakaan, kemacetan, dan kejahatan.

Padahal, sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto optimistis jalan tol sepanjang 37 kilometer itu bisa dilalui arus mudik pada H-10. Ini dikemukakan Djoko ketika meninjau jalan tol Kanci-Pejagan, beberapa waktu lalu [baca: Tol Transjawa Beroperasi Mei 2009].

Tak hanya di Jateng, jalan Tol Cikampek yang menuju jalur Pantura Jawa saat ini juga tengah diperbaiki. Perbaikan sepanjang 12 kilometer, dari kilometer 57 hingga 69, berupa penambahan lajur menuju ke gerbang Tol Cikampek selebar lima meter guna mengantisipasi antrean kendaraan saat arus mudik. Untuk mencapai target penyelesaian pada H-10, pengerjaan dilakukan siang dan malam.(BJK/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.