Sukses

Akibat Gempa, Jalan di Cadas Pangeran Retak

Gempa yang mengguncang Jawa Barat pada Rabu (2/9) lalu mengakibatkan jalan di kawasan Cadas Pangeran, Sumedang, Jawa Barat, amblas dan retak-retak di sejumlah titik.

Liputan6.com, Sumedang: Gempa yang mengguncang Jawa Barat pada Rabu (2/9) lalu mengakibatkan jalan di kawasan Cadas Pangeran, Sumedang, Jawa Barat, amblas dan retak di sejumlah titik. Jika dilihat dari atas, jalan penghubung Jawa Barat dan Jawa Tengah ini terkesan hanya bergelombang biasa. Namun tak demikian jika bagian bawah dilihat. Beton tulang banyak yang patah, sementara tanah penyangga mulai longsor terutama saat dilewati kendaraan berat.

Warga mengaku belum ada satu pun pihak terkait yang memantau langsung dampak gempa di Cadas Pangeran. Padahal tiap hari kondisi bertambah parah. Mereka khawatir jalan yang dibangun pada masa penjajahan Belanda ini tak akan kuat menahan beban saat musim mudik yang tinggal beberapa hari lagi.

Pada kesempatan lain, Bupati Sumedang Don Murdono mengaku gempa mengakibatkan kerusakan di sejumlah bangunan. Namun, guncangannya tidak sampai merusak jalur mudik lebaran.

Tak hanya badan jalan, patahan tebing pun bertambah parah setelah diguncang gempa. Tepat di atas patung Pangeran Kornel terlihat tanah yang membelah sepanjang puluhan meter. Warga khawatir tanah ini longsor dan menimbun jalan jika dibiarkan.(YUS)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.