Sukses

Pascagempa, Kondisi Waduk di Jawa Barat Aman

Kondisi fisik bendungan dan waduk, yang menjadi sumber irigasi pertanian dan pembangkit listrik di Jawa Barat, aman dan tidak mengalami kerusakan akibat gempa bumi berkekuatan 7,3 SR yang terjadi Rabu (2/9) sore

Liputan6.com, Bandung: Kondisi fisik bendungan dan waduk, yang menjadi sumber irigasi pertanian dan pembangkit listrik di Jawa Barat, aman dan tidak mengalami kerusakan akibat gempa bumi berkekuatan 7,3 SR yang terjadi Rabu (2/9) sore. Demikian disampaikan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, di Bandung, Kamis ini, terkait gempa yang berpusat di kawasan Tasikmalaya itu, seperti dikutip ANTARA.

Menurut Heryawan, Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Jabar telah mengecek kondisi bendungan waduk besar maupun sedang di Jabar sebagai antisipasi dampak gempa. Hasilnya, waduk-waduk itu termasuk aman dan tidak mengalami kerusakan.

Waduk besar di Jawa Barat antara lain Jatiluhur, Saguling, Cirata, serta Darma. Berbeda dengan tiga waduk besar lain, Waduk Darma di Kuningan pada bagian bawahnya terdapat pemukiman penduduk sehingga mendapat pengamanan dan pengawasan intensif.(YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini