Sukses

Gempa Guncang Sebagian Pulau Jawa

Gempa berkekuatan 7,3 SR yang berpusat di Tasikmalaya, juga dirasakan hingga ke Purwakarta dan Sumedang, Jawa Barat, hingga ke Banyumas, Jawa Tengah. Getaran gempa bahkan terasa sampai lima menit.

Liputan6.com, Purwakarta: Gempa dahsyat dengan kekuatan 7,3 Skala Richter yang berpusat di Tasikmalaya, Jawa Barat, juga dirasakan warga Purwakarta. Getaran gempa di daerah tersebut dirasakan warga hingga lima menit. Tiang bendera di Gedung DPD Golkar bergetar hebat akibat bencana itu, Selasa (2/9).

Sementara itu, di Sumedang, Jabar, warga pun dilanda kepanikan. Ratusan pasien rumah sakit setempat berhamburan keluar ruangan untuk menyelamatkan diri. Mereka berkumpul di tempat terbuka untuk mengindari bangunan yang mungkin runtuh. Pasien di ruang gawat darurat dan kebidanan juga berlarian dibantu keluarga dan paramedis rumah sakit. Selanjutnya, perawatan pasien dilanjutkan di lapangan parkir.

Gempa juga dirasakan warga di kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Pantauan koresponden SCTV, belasan rumah di Kecamatan Ajibarang rusak parah dan sebagian lainnya rata dengan tanah. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Untuk mengantisipasi terjadinya gempa susulan warga memasang tiang dari bambu pada tembok rumah mereka agar tidak roboh. Selengkapnya simak video berikut.(ASW/LUC)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini