Sukses

BMKG: Gelombang Satu Meter Terjang Garut

BMKG menyatakan, tsunami kecil terjadi di kawasan laut Pameungpeuk, Garut Selatan. Sejauh ini pihak BMKG Tasikmalaya belum bisa dimintai keterangan akibat jaringan komunikasi yang tersendat.

Liputan6.com, Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menyatakan, gelombang tsunami kecil baru saja selesai, tepatnya pukul 16.05 WIB. Tsunami setingggi satu meter itu terjadi di kawasan laut Pameungpeuk, Garut Selatan, Jawa Barat, Rabu (2/9).

Menurut mantan Kepala BMKG Bandung, Hendri Subekti, yang dihubungi via telepon, tsunami terjadi di bibir pantai bagian selatan. Gelombang terekam hingga di Pelabuhan Ratu. "Sejauh ini kami belum tahu ada korban jiwa atau tidak. Kami belum bisa menghubungi BMKG Tasikmalaya," ujarnya sembari menjelaskan dampak tsunami terhadap jaringan komunikasi.

Tsunami kecil yang terjadi di pantai bagian selatan ini menyebabkan gempa di sejumlah daerah. Di antaranya Jakarta, Bandung, dan Tasikmalaya. Kekuatan di pusat gempa sendiri diketahui sebesar 7,3 skala Richter.(LUC)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.