Sukses

Dinas Peternakan Razia Daging Gelonggongan

Dinas Peternakan Jambi menggelar razia daging sapi ke sejumlah pasar tradisional setempat. Razia dilakukan demi memastikan daging yang dikonsumsi warga bebas dari daging gelonggongan dan daging babi.

Liputan6.com, Jambi: Tim dari Dinas Peternakan Kota Jambi, Ahad (30/8) menyisir seluruh lapak-lapak dan
petak penjualan daging sapi di sejumlah pasar tradisional setempat. Pasar tersebut antara lain Pasar Angso Duo, Pasar Talang Banjar, dan Pasar Keluarga.

Petugas memeriksa daging satu persatu. Pemeriksaan dilakukan mulai dari kadar air, hingga jenis dagingnya. Pemeriksaan dilakukan karena sempat beredar isu jika selama puasa daging dicampur dengan daging babi dan daging gelonggongan. Hal tersebut bisa saja terjadi, Maklum, harga daging sapi dan kerbau di Jambi, saat ini mencapai Rp 80 ribu per kilogram.

Namun setelah diperiksa seksama, tidak ditemukan adanya daging yang rusak atau gelonggongan ataupun yang dicampur dengan daging babi. Kendati tidak menemukan daging yang salah, petugas sempat menegur sejumlah pedagang yang melakukan pemotongan hewan tidak di tempat pemotongan resmi.

Razia serupa digelar di Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Namun petugas Dinas Peternakan Hewan Kabupaten Tuban tidak menemukan daging glonggongan di Pasar Baru Tuban. Dinas Peternakan Hewan didampingi Badan Pengawasan Makanan Dan Perlindungan Konsumen Tuban hanya memberi penyuluhan kepada para pedagang. Mereka diimbau tak menjual daging glonggongan karena merugikan konsumen dan membahayakan kesehatan.(BJK/AND)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini