Sukses

Tiket Kereta Api untuk Arus Balik Habis

Tiket kereta api eksekutif dan bisnis tujuan Jakarta dari Stasiun Besar Tegal, Jateng, untuk H+1 hingga H+6 habis terjual. PT KA Daops IV Semarang akan menambah rangkaian gerbong dan menyediakan tiket berdiri.

Liputan6.com, Tegal: Lebaran masih lama, namun pemesanan tiket kereta api eksekutif dan bisnis tujuan Jakarta dari Stasiun Besar Tegal, Jawa Tengah, untuk sehari setelah Lebaran atau H+1 hingga H+6 sudah habis dipesan.

Informasi yang diperoleh SCTV, Senin (24/8), tiket KA Eskekutif Argo Muria serta Kamandanu tujuan Jakarta telah habis sejak pertama dibuka 16 Agustus lalu. Kondisi serupa juga terjadi pada KA Bisnis Fajar Utama, Senja Utama, Sembrani, dan Gumarang. Sementara untuk KA Fajar Bisnis, tiket bahkan telah habis hingga H+7.

Habisnya tiket KA eksekutif dan bisnis lantaran PT Kereta Api telah membuka pelayanan pemesanan 30 hari sebelum hari pemberangkatan dengan sistem on line. Sehingga calon penumpang dapat membeli tiket dari stasiun pemberangkatan di mana saja.

Joko Mardi Gutomo, Kepala Stasiun Besar Tegal, mengatakan, guna mengantisipasi lonjakan penumpang saat arus balik, PT Kereta Api Daops IV Semarang akan menyediakan tiket berdiri untuk kelas bisnis sebanyak 25 persen. Sedangkan untuk kelas ekonomi 50 persen. Selain itu, rangkaian gerbong eksekutif serta bisnis juga akan ditambah. Penambahan satu jadwal pemberangkatan untuk kelas ekonomi juga akan dilakukan.

Lebaran tahun ini, Stasiun Besar Tegal menetapkan harga tiket batas atas dari Kota Tegal menuju Jakarta antara Rp 240 ribu hingga Rp 400 ribu. Pada hari biasa, harga batas bawah antara Rp 175 ribu hingga Rp 190 ribu. Harga tiket kelas eksekutif dan bisnis untuk arus balik Lebaran tidak naik.(BOG/DIO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.