Sukses

Padusan dan Lemang Sambut Ramadan

Warga Solo, Jawa Tengah, menjalani ritual mandi besar untuk menyucikan diri jelang Ramadan. Sedangkan di Padang, Sumatra Barat, warga mulai membuat lemang untuk disantap pada hari pertama berbuka puasa.

Liputan6.com, Solo: Menyambut masuknya bulan suci Ramadan, berbagai persiapan dilakukan umat muslim di berbagai daerah. Di Solo, Jawa Tengah, Jumat (21/8), warga menjalani padusan, ritual mandi besar untuk menyucikan diri jelang Ramadan. Dulu, padusan biasanya dilakukan di sungai atau sumber-sumber air yang masih bersih. Kini, sumber air yang memenuhi persyaratan sudah tidak mudah lagi ditemui dan kolam renang pun akhirnya jadi pilihan.

Lain lagi di Padang, Sumatra Barat. Suasana Ramadan mulai terasa dengan pembuatan lemang. Penganan yang terbuat dari beras ketan ini biasanya disantap pada hari pertama berbuka puasa. Membuat lemang sendiri tidaklah semudah memakannya. Beras ketan yang sudah direndam santan dimasak hingga berjam-jam di dalam tabung bambu dengan menggunakan bara dari tempurung, sabut kelapa, atau serbuk kayu. Nah, bagaimana dengan persiapan Anda dalam menyambut Ramadan hari pertama? Selengkapnya saksikan video berita ini.(ADO/VIN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini