Sukses

Tanah Ungaran-Temanggung Mengandung Emas

Peneliti UGM dan UPN Veteran Yogyakarta menemukan kandungan emas di Desa Keji, Semarang, Jawa Tengah. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan wilayah Ungaran hingga Temanggung memiliki kandungan emas yang sama.

Liputan6.com, Semarang: Peneliti Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta, Jumat (21/8), menemukan kandungan emas di Desa Keji, Semarang, Jawa Tengah. Hasil uji analisis laboratorium geologi UGM dan UPN menunjukkan kandungan emas sekunder yang ditemukan, mirip dengan kandungan emas di Pegunungan Purba di Kalimantan.

Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan wilayah Ungaran hingga Temanggung memiliki kandungan emas yang sama. Kandungan emas tidak bisa ditemukan begitu saja, namun harus melalui proses kimia. Dari penelitian itu diperoleh angka kandungan emas 0,225 part per miliar yang berarti berpotensi menjadi tambang emas.

Informasi penemuan lahan emas sempat menghebohkan kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara pada September 2008 silam. Saat itu, ribuan warga berdatangan untuk mendulang emas meski dengan peralatan seadanya. Belakangan, pemerintah daerah setempat menutup area tambang untuk melindungi potensi daerah.(ASW/YUS)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini