Sukses

Baasyir: Air dan Eko Adalah Mujahid

Pengasuh Ponpes Al Mukmin Ngruki Abu Bakar Baasyir mengatakan, Air Setyawan dan Eko Joko Sarjono tewas sebagai mujahid. Air dan Eko telah dimakamkan di Astana Makam Muslim, Kalioso, Kalijambe, Sragen, Jateng.

Liputan6.com, Solo: Pengasuh Pondok Pesantren Al Mukmin, Ngruki, Abu Bakar Baasyir melayat di rumah tersangka teroris Air Setyawan dan Eko Joko Sarjono di Brengosan, Solo, Jawa Tengah, Kamis (13/8) pagi. Pada kesempatan itu Baasyir mengatakan, Air dan Eko tewas sebagai mujahid. "Insya Allah mujahid, bukan teroris," ujar Baasyir.

Air dan Eko tak pernah menjadi santri di Al Mukmin Ngruki. Namun, Baasyir memberi perhatian khusus kepada kedua almarhum. Bahkan, sang ustad sempat memimpin salat jenazah untuk Air dan Eko. Pada pukul 10.30 WIB, Air dan Eko dimakamkan di Astana Makam Muslim, Kalioso, Kalijambe, Sragen, Jateng. Bersama ratusan orang, Baasyir ikut mengantar.

Menurut polisi, Air dan Eko adalah kaki tangan gembong teroris Noordin Muhammad Top. Air dan Eko tewas dalam baku tembak dengan polisi di di Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (8/8) dini hari. Selain membunuh Air dan Eko, polisi mendapati setengah ton bahan peledak yang rencananya ditargetkan untuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono [baca: Tersangka Teroris di Bekasi Terlibat Bom Kuningan].(ZAQ)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.