Sukses

Penderita ISPA di Kota Pontianak Meningkat

Kabut asap di Jambi dan Pontianak, Kaimantan Barat belum bisa diatasi. Akibat kabut asap, penderita infeksi saluran pernapasan akut di Kota Pontianak meningkat.

Liputan6.com, Pontianak: Kabut asap hingga Jumat (7/8) masih menyelimuti Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Kepekatan asap bertambah dibanding hari sebelumnya. Kabut asap terjadi akibat pembakaran lahan untuk pembukaan kebun kelapa sawit dan pembakaran lahan gambut di pinggiran Kota Pontianak [baca: Kebakaran Lahan di Pontianak Dekati Pemukiman].

Kabut asap mengakibatkan penderita infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) melonjak. Di Rumah Sakit dokter Soedarso, Pontianak, tercatat lebih dari 1.200 pasien berobat dengan keluhan pernapasan sejak beberapa pekan terakhir.

Kabut asap juga masih terjadi di Pekanbaru, Riau. Di tengah pekatnya asap, ribuan murid lembaga pendidikan As-Shofa menggelar salat meminta hujan. Acara ini digelar menyusul sakitnya ratusan siswa akibat ISPA. Di Kabupaten Siak, kabut asap yang makin tebal juga menyebabkan sejumlah sekolah meliburkan muridnya. Gubernur Riau telah meminta polisi menangkap orang-orang dari sejumlah perusahaan yang terbukti melakukan pembakaran lahan [baca: Kabut Asap Kembali Selimuti Pekanbaru]. Simak selengkapnya dalam video berita ini.(IAN/DIO)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini