Sukses

Terkendala Biaya, Santri Tak ke Rumah Sakit

Sejumlah santri Pondok Pesantren Salafiyah Safiiyah Banyuwangi, Jawa Timur, diduga tertular virus H1N1 penyebab flu babi. Mereka tak dibawa ke rumah sakit karena tak memiliki biaya.

Liputan6.com, Banyuwangi: Sejumlah santri Pondok Pesantren Salafiyah Safiiyah, Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (31/7), diduga tertular virus H1N1 penyebab flu babi. Mereka mengalami demam tinggi disertai batuk, pilek, dan sakit tenggorokan. Namun, semua santri yang sakit hanya dirawat di asrama pesantren. Keterbatasan biaya menjadi alasan para santri tak dirujuk ke rumah sakit.

Flu babi terus mewabah di berbagai sekolah berasrama, termasuk pondok pesantren. Di Solo, Jawa Tengah, masyarakat dikejutkan dengan banyaknya santri di Pondok Pesantren Nahdlotul Muslimat terserang demam tinggi. Petugas Dinas Kesehatan Solo kemudian datang memeriksa. Hasilnya, 23 santri dirujuk ke Rumah Sakit dokter Muwardi. Sementara 17 lainnya diisolasi di dalam pondok pesantren [baca: Diduga Flu Babi, Ratusan Santri Diperiksa]. Selengkapnya, simak video.(ZAQ/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini