Sukses

Waspadai Hujan Disertai Angin Kencang dan Petir

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan masyarakat agar mewaspadai hujan deras disertai petir dan angin kencang yang berpeluang terjadi di pesisir barat Sumatra, Sumatra bagian tengah, barat dan selatan, Kalimantan Barat dan Timur serta Jawa bagian Barat.

Liputan6.com, Jayapura: Beberapa hari terakhir hujan deras disertai angin dan petir dirasakan sebagian besar masyarakat yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya. Perubahan kondisi cuaca ini tak bisa dianggap remeh. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan masyarakat agar mewaspadai hujan deras disertai petir dan angin kencang yang berpeluang terjadi di pesisir barat Sumatra, Sumatra bagian tengah, barat dan selatan, Kalimantan Barat dan Timur serta Jawa bagian Barat.

BMKG yang prakiraannya dipantau di Jayapura, Rabu (29/7) pagi menyebutkan, peringatan yang sama juga berlaku untuk daerah Sulawesi Barat, Utara, Tengah dan Selatan, juga di kawasan Maluku bagian Utara dan Tengah serta Papua bagian Barat, Utara dan Tengah.

Diperkirakan antara Kamis (30/7) sampai Jumat (31/7), akan terjadi hujan disertai petir dan angin kencang berpeluang terjadi di pesisir barat Sumatra, Sumatra bagian Utara dan Selatan, Kalimantan bagian Selatan, Timur dan Tengah, Sulawesi bagian Tengah, Selatan dan Tenggara serta Jawa bagian Barat dan Utara. Hal yang sama kemungkinan akan terjadi di Maluku bagian Utara dan Tengah serta Papua bagian Barat, Utara dan Tengah.

Sementara itu, sepanjang Sabtu (1/8) hingga Senin (3/8), kondisi cuaca berpeluang terjadi hujan disertai angin kencang dan petir yang akan turun di kawasan pesisir barat Sumatra, Sumatra bagian Tengah, Barat dan Selatan, Kalimantan bagian Selatan dan Timur serta Jawa bagian Barat. Kawasan Sulawesi bagian Tengah dan Tenggara, Maluku bagian Tengah, Papua bagian Barat, Utara dan Tengah juga mengalami peluang serupa.

Seperti diberitakan ANTARA, prakiraan cuaca di sejumlah daerah di Papua hari ini hingga esok Kamis menunjukkan peluang hujan dengan suhu rata-rata 23 - 31 derajat Celsius. Di kawasan paling timur Indonesia ini kemungkinan akan turun hujan ringan dengan suhu minimum 23 dan maksimum 30 derajat. Sedangkan hujan sedang berpeluang terjadi di Sorong, Biak, dan Manokwari dengan suhu masing-masing 23 - 29, 23 - 31 dan 24 - 28 derajat Celsius.(VIN)




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini