Sukses

Arima Akui, Wajah Noordin Mirip Suaminya

Arima, saksi yang dilindungi polisi mengatakan wajah Ade Abdul Halim, suaminya mirip Noordin M Top. Arima hingga kini tak tahu keberadaan Ade Abdul Halim. Karena sejak Maret, suaminya tak pernah pulang.

Liputan6.com, Depok: Arima--yang sebelumnya diberitakan bernama Arina--(Red), saksi yang kini dalam perlindungan polisi mengatakan wajah suaminya, Ade Abdul Halim mirip Noordin Mohammad Top, tersangka otak serangan bom di Tanah Air. Tapi soal keberadaan Ade, Arima mengaku tak tahu. Hal itu diutarakan Asluddin Hatjani, pengacara Arima di Depok, Jawa Barat, belum lama ini.

Arima dan Astuti sebelumnya ditangkap Tim Detasemen Khusus 88 di Cilacap, Jawa Tengah karena diduga mengetahui keberadaan Noordin. Arima menikah dengan pria bernama Ade pada 2005 silam. Ia tak mengenal detil sosok Ade karena dijodohkan ayahnya Bahrudin alias Baridin. Selama menjalani pernikahan, Ade yang mengaku staf humas sebuah pondok pesantren di Makassar, Sulawesi Selatan, sering pergi hingga berbulan-bulan.

Selain Ade yang dicurigai sebagai Noordin, polisi sedang memburu Baridin. Diduga Baridin adalah anggota jaringan teroris setelah polisi menemukan bahan peledak di belakang rumahnya di Cilacap [baca: Bahrudin, Mertua Noordin M. Top Masih Diburu].

Terkait pengejaran para teroris, polisi menggerebek sebuah rumah di Desa Planjan, Cilacap. Sayang target operasi polisi yakni kakak beradik Ahmad Yani dan Koko Muntako terlebih dahulu pergi dari rumah mereka. Mereka diduga terkait jaringan teroris Noordin. Tapi sejauh ini belum diketahui peran keduanya.

Sementara keberadaan Ibrahim alias Ibrohim, penata bunga Hotel Ritz Carlton, Jakarta Selatan, yang diduga terlibat dalam serangan bom di hotel itu masih misterius. Sebelum tinggal di Cililitan, Jakarta Timur dan bilangan Kuningan, Ibrohim menempati sebuah rumah di Sukmajaya, Depok, Jawa Barat, selama setahun. Sejumlah tetangga mengenal Ibrohim sebagai orang biasa, jarang bergaul meski tergolong ramah.

Ibrahim sempat diduga sebagai pelaku bom bunuh diri di Hotel Ritz Carlton, namun hasil tes DNA menyatakan negatif. Tragedi bom mengerikan itu menewaskan sembilan orang dan melukai puluhan lainnya.(AIS/VIN)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.