Sukses

Tambak Garam Berbahan Baku Air Sumur

Tambak garam di Desa Jono, Kecamatan Tawangharjo, Grobogan, Jateng, berada jauh dari pantai. Tambak ini mengandalkan air sumur asin.

Liputan6.com, Grobogan: Lazimnya tambak garam selalu berada di dekat pantai. Tapi tidak dengan yang terpantau di Desa Jono, Kecamatan Tawangharjo, Grobogan, Jawa Tengah, belum lama ini. Lokasi tambak garam seluas 120 hektare itu jauh dari pantai dan hanya mengandalkan air sumur asin. Kualitas garamnya pun jauh lebih baik dibandingkan garam air laut.

Meski demikian, garam itu kurang diminati karena warnanya kecokelat-cokelatan. Tapi harga garam produksi Desa Jono jauh lebih mahal. Sebab tanpa diberi zat yodium garam ini sudah mengandung yodium hingga delapan persen. Di desa ini hanya ada tujuh sumur yang bisa dimanfaatkan. Tujuh sumur ini konon merupakan peninggalan Joko Linglung, putra Ajisaka, tokoh legenda Jawa.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini