Sukses

Dua Pasien Flu Babi di Semarang Dipulangkan

Dua dari empat pasien flu babi di RS Karyadi Semarang, Jawa Tengah, diizinkan pulang. Dua pelajar yang sembuh diwajibkan kontrol secara berkala.

Liputan6.com, Semarang: Dua dari empat pasien flu babi yang dirawat di Rumah Sakit Karyadi Semarang, Jawa Tengah, baru-baru ini, diperbolehkan pulang karena kondisinya membaik. Keduanya adalah dua pelajar asal Semarang. Sedangkan dua pasien lain pelajar asal Semarang dan Jepara, Jawa Tengah masih dirawat. Dua pelajar yang sembuh diwajibkan kontrol secara berkala.

Semula di RS Karyadi Semarang ada lima pasien dugaan flu babi. Mereka adalah para pelajar yang baru pulang dari Amerika Serikat usai mengikuti program pertukaran pelajar.

Sementara Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, lisensi penuh vaksin flu babi kemungkinan baru akan tersedia September nanti. Namun untuk mencapai kesempurnaan dibutuhkan eksperimen untuk mengetahui dosis yang tepat. Dan ini membutuhkan waktu hingga akhir tahun. Demikian disampaikan Direktur Riset Vaksin WHO Marie Paule Kieny di markas WHO Genewa, Swiss.

Hal itu membuat upaya mengatasi pandemi penyakit ini terhambat. Padahal virus H1N1 terus memakan korban jiwa. Sejumlah sekolah di Thailand bahkan ditutup menyusul ditemukannya tiga kasus kematian.

Flu babi merambah ke berbagai negara di hampir lima benua di dunia. Data WHO, sudah 90 ribu kasus flu babi dilaporkan di seluruh dunia, 429 di antaranya meninggal. WHO bahkan telah memberikan status siaga enam atau pandemi terhadap flu babi.(AIS/VIN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.