Sukses

Gibran Rakabuming Raka Disebut Siap Hadapi Debat Capres dan Cawapres Pilpres 2024

Anggota F-PAN diduga menjadi pelaku pembakaran Gedung DPRD Jawa Tengah pertengahan Mei. Kebakaran itu melumat sebagian besar lantai IV.

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka siap menghadapi debat Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Hal itu juga seperti disampaikan Wakil Ketua Umum Partai Garuda Teddy Gusnaidi. Dia juga mengatakan, terbukti jika hilangnya debat cawapres bukan merupakan keinginan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Pertama, yang mengusulkan debat cawapres dihilangkan, sudah terbukti bukan dari kubu Prabow-Gibran. Kedua, Gibran adalah orang yang sudah pernah melewati debat untuk posisi di eksekutif. Cawapres yang lain sama sekali belum pernah. Jadi, ini sama sekali bukan kendala bagi Gibran," ujar Teddy melalui keterangan tertulis, Kamis (7/12/2023).

Ketiga, lanjut dia, pihaknya pun mempersilahkan untuk membuat tema debat cawapres, apa saja.

"Silahkan membuat tema debat cawapres, yang temanya adalah hal-hal yang setiap hari dilakukan oleh Mahfud Md maupun Muhaimin Iskandar, taitu tema yang sangat mereka kuasai, Gibran Rakabuming Raka siap dengan tema tersebut, tidak ada masalah," papar Teddy.

Karena menurut dia, sebagai pemimpin, bukan bagaimana menghafal dan beretorika, tapi mampu mewarnai setiap pos sesuai dengan kemajuan serta kebutuhan zaman agar mengena langsung ke masyarakat.

"Jadi tema apapun, bahkan tema yang melekat dalam pekerjaan sehari-hari Mahfud Md dan Muhaimin pun, tidak masalah. Tentu ini sudah Gibran lakukan ketika menjabat sebagai Wali Kota solo, dimana ketika baru menjabat, Gibran diwarisi pertumbuhan ekonomi solo minus 1,74%. Dalam 2 tahun, pertumbuhan ekonomi solo naik drastis menjadi 6,25%. Gibran mengerti bagaimana mewarnai kota solo menjadi lebih baik," terang Teddy.

Dia menegaskan, Gibran sendiri bukan seorang pengikut atau follower, tetapi mampu mengambil keputusan.

"Gibran bukan follower, tapi sebagai pembuat dan pengambil keputusan, dan keputusannya sudah terbukti membuat rakyatnya menjadi lebih baik. Jadi silahkan buat tema debat apapun, Gibran sangat mampu mewarnainya," tegas Teddy.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Absen Dialog Cawapres di tvOne, Gibran: Saya Datang yang Debat Resmi Saja

Sebelumnya, calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka absen dalam acara dialog antar cawapres yang diselenggarakan tvOne pada Rabu 6 Desember 2023 pukul 20.00 WIB.

Hanya cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar dan cawapres nomor urut 3 Mahfud Md yang hadir dalam dialog.

Acara itu bertema dialog interaktif cawapres 'mencuri hati' kawula muda dengan panelis Raffi Ahmad dan Effendi Gazali.

Gibran beralasan tidak hadir dalam dialog itu karena hanya ingin datang di debat yang diselenggarakan resmi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) saja.

"Saya datang yang debat resmi saja," kata Gibran Rakabuming Raka ditemui di Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu 6 Desember 2023.

Sementara itu, Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Nusron Wahid menjelaskan, tidak ada kewajiban Gibran untuk hadir dalam acara itu. Sebab, yang mengadakan bukan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Kalau yang undang bukan KPU kan enggak ada kewajiban hadir," kata Nusron lewat pesan singkat.

Nusron membantah anggapan jika putra sulung Presiden Jokowi itu takut hadir untuk berdebat. Dia memastikan Gibran bakal datang pada debat perdana pilpres 2024, Minggu, 12 Desember 2023 nanti.

"Tanggal 12 nanti datang," kata Nusron.

 

3 dari 4 halaman

Ditanya soal Wacana Debat Pilpres Pakai Bahasa Inggris, Gibran: KPU, KPU

Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menanggapi usulan soal debat Pilpres 2024 menggunakan bahasa Inggris. Gibran hanya menjawab singkat.

"KPU.. KPU," kata Gibran di temui di Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu 6 Desember 2023.

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu enggan menanggapi soal debat pilpres 2024 lebih jauh. Dia buru-buru pergi menyudahi sesi tanya jawab saat cegat dengan awak media.

Sebelumnya, Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka melontarkan wacana debat capres-cawapres menggunakan bahasa Inggris.

Terkait hal ini, calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo ikut memberi tanggapan. Dia pun menyatakan kesiapannya.

"Siap," Ganjar menjawab singkat pertanyaan wartawan saat ditanya soal debat menggunakan Bahasa Inggris di Stadion Aji Imbut Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Rabu 6 Desember 2023.

Adalah Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Nusron Wahid yang menegaskan pasangan Prabowo-Gibran siap berdebat dengan format apa pun. Bahkan debat dengan menggunakan bahasa Inggris tanpa teks sekali pun.

"Secara prinsip paslon kami siap debat dengan aturan dan ketentuan yang dibuat KPU. Apa pun format yang ditentukan. Bahkan andai KPU menentukan demi kepentingan diplomasi internasional," ujar Nusron Wahid dalam keterangannya, Senin (4/12/2023).

"Misal debat antara Cak Imin, Mas Gibran, dan Pak Mahfud dengan bahasa Inggris dan tanpa bawa teks-pun, kita siap. Tapi kami tidak mengusulkan itu," pungkas Nusron Wahid.

 

4 dari 4 halaman

Gibran Tegaskan Siap Debat Capres-Cawapres: Aturan KPU Seperti Apa, Kami Ikuti

Calon Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka mengaku sudah siap mengikuti debat perdana calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

"Sudah, sudah persiapan," kata Gibran, saat ditemui usai bulu tangkis di GBK Arena, Jakarta, Senin, 4 Desember 2023.

Putra sulung Presiden Jokowi itu mengatakan, dia telah menampung masukan dari berbagai lapisan masyarakat untuk dibawa dalam debat perdana yang mengambil tema hukum, hak asasi manusia (HAM), pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi.

"Tidak harus dari para ahli, ya. Dari ahli, dari pakar ada, tetapi masukan-masukan dari masyarakat juga kami tampung semua untuk bahan debat nanti," ujar Gibran.

Menurut dia, masukan dari masyarakat sangat berguna untuk menciptakan inovasi-invasi baru sesuai dengan tantangan zaman.

Gibran mengatakan bahwa pihaknya akan mengikuti debat dengan format mana pun sesuai dengan peraturan yang berlaku.

"Aturan KPU seperti apa, kami ikuti," kata Gibran.

Gibran mengakhiri masa kampanye Pilpres hari ketujuh dengan bulu tangkis bersama Taufik Hidayat di GBK Arena Senayan Jakarta, Senin.

Gibran tiba di GBK Arena sekitar pukul 18.13 WIB dengan didampingi istrinya, Selvi Ananda. Dia langsung bermain bulu tangkis berpasangan dengan Taufik Hidayat. Ia bermain olahraga itu sekitar 30 menit.

Setelah selesai bermain, ia kemudian duduk melingkar di lantai bersama para pemain muda bulu tangkis untuk mendengarkan aspirasi dan harapan dari mereka terkait olahraga tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.