Sukses

SBY-Boediono Menang di Jawa Tengah

Berdasarkan hasil hitung cepat via SMS yang dilakukan KPU Jateng, pasangan SBY-Boediyono berhasil mengungguli pasangan Mega-Pro. Padahal wilayah Jateng selama ini dikenal sebagai basis pendukung PDIP.

Liputan6.com, Semarang: Pasangan Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono terus menunjukkan dominasinya. Pasangan tersebut meraup suara terbanyak di wilayah Jawa Tengah (Jateng) yang selama ini dikenal sebagai basis utama pendukung Megawati Sukarnoputri. Berdasarkan hasil sementara hitung cepat via pesan pendek (SMS) yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng,  SBY-Boediono berhasil mengungguli pasangan Megawati Sukarnoputri-Prabowo Subianto. 

SBY-Boediono memperoleh 513.461 suara atau 53,84 persen. Disusul pasangan Mega-Pro dengan perolehan 359.708 suara atau 31,71 persen. Sdangkan JK-Win meraup 80.589 suara atau 8,45 persen. Ketua KPU Jateng, Ida Budiyati mengatakan, itu merupakan hasil sementara karena berdasarkan daftar pemilih tetap di Jateng terdapat lebih dari 26 juta pemilih.

Berdasarkan pantaun SCTV, Jumat (10/7), penghitungan hasil pemilu presiden masih berjalan di tingkat kecamatan. Sementara pengiriman SMS tersebut dilakukan oleh masing-masing Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara yang menjadi sampel dan disebar secara merata.

Jateng memang basis massa Megawati. Pada pemilu legislatif lalu, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan meraup suara terbanyak. Bahkan saat pemilihan gubernur Jateng, jago yang diusung PDIP, Bibit Waluyo dan Rustriningsih tampil sebagai pemenang.(UPI/AND)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.