Sukses

Kurang Dua Hari, Surat Suara Masih Kurang

Dua hari jelang pencontrengan, KPUD Yahukimo Papua masih kekurangan sekitar seribu surat suara. KPUD Yahukimo khawatir pelaksanaan pemilihan presiden di 51 kecamatan akan terganggu.

Liputan6.com, Yahukimo: Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Yahukimo, Papua, Senin (6/7), menyatakan masih kekurangan sekitar seribu surat suara. Kekurangan disebabkan sekitar 1.500 surat suara yang diterima KPUD setempat dalam kondisi rusak. Kerusakan itu, di antaranya, bagian surat suara terpotong di salah satu pasangan calon. Terkait masalah tersebut, KPUD Yahukimo khawatir pelaksanaan pemilihan presiden di 51 kecamatan akan terganggu.

Sementara itu, pemilihan ulang legislatif Dewan Perwakilan Daerah untuk Kabupaten Yahukimo dijadwalkan digelar bersamaan dengan pelaksanaan pilpres pada 8 Juli. Tapi sampai sekarang dana pendistribusian logistik dari KPU Pusat belum juga turun. Menurut Sekretaris KPUD Yahukimo Elly Rumi pemilu ulang di Yahukimo seharusnya dilaksanakan di 37 kecamatan.

Di Timika, Papua, sekelompok warga yang tak puas dengan hasil pemilu legislatif menutup jalan di depan Kantor KPUD Mimika. Warga menilai KPUD setempat telah memanipulasi suara caleg. Polisi akhirnya membubarkan massa dan menangkap 12 orang. Polisi terpaksa menetapkan status siaga satu untuk mengamankan situasi di sekitar Kantor KPUD Mimika. Untuk selengkapnya simak video berita ini.(IAN/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini