Sukses

Banyak Siswa SMP Gagal Ujian di Majene

Di SMPN 1 Majene, Sulbar, dari 205 peserta ujian hanya 63 siswa yang dinyatakan lulus. Sedangkan di SMPN 2 Majene, terdapat 61 siswa yang dinyatakan tidak lulus dari 200 peserta ujian.

Liputan6.com, Majene: Prestasi ujian paling buruk tahun ini dialami siswa sekolah menengah pertama (SMP) di Majene, Sulawesi Barat. Betapa tidak, jumlah siswa yang tidak lulus Ujian Nasional atau UN di setiap sekolah meningkat 15 hingga 70 persen dibanding tahun silam. Rincinya, data Panitia UN Sulbar menunjukkan, siswa SMP yang tidak lulus di Majene adalah 457 dari 2.473 peserta ujian atau 18,48 persen.

Seperti yang terjadi di SMP Negeri 1 Majene. Dari 205 peserta ujian hanya 63 siswa yang dinyatakan lulus atau 70 persen pelajar gagal. Sedangkan di SMPN 2 Majene, terdapat 61 siswa yang dinyatakan tidak lulus dari 200 peserta ujian. Sementara di SMPN 3 Majene, sebanyak 32 dari 214 peserta ujian juga dinyatakan tidak lulus.

Sejumlah siswa yang tidak lulus ujian mengaku kecewa dan tidak percaya dirinya tidak lulus. Mereka juga mengaku tidak tahu-menahu di mana letak ketidaklulusan mereka. Para siswa yang dinyatakan tak lulus ujian pun akhirnya histeris dan jatuh pingsan. Kondisi ini berbeda dengan siswa yang dinyatakan lulus ujian. Usai membaca surat pengumuman kelulusan, mereka langsung saling mencoret seragam sekolah.(UPI/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini